Source Code Aplikasi GIS Dengan PHP Gratis

Source code aplikasi gis dengan php, GIS merupakan singkatan dari Geographic Information System atau dalam bahasa indonesia disebut sistem informasi geografis. Gis juga sering disebut sig.

GIS merupakan sesuatu alat yang dapat digunakan untuk mengelolah (input, output, dan manajemen) data spasial atau data yang bereferensi geografis.

Pembuatan aplikasi gis ini sering sekali dibutuhkan dalam tugas akhir jurusan teknik informatika. Penerapa gis sendiri tentu sangat banyak. Untuk membuat aplikasi gis kita bisa menggunakan bahasa pemrograman seperti pemrograman website.

Salah satu pemrograman website yang sangat popular adalah pemrograman php. Aplikasi gis yang kami bagikan ulang ini tentu dibuat menggunakan pemrograman php.

Seiring berkembangnya gaya pemrograman, kita harus berangsur meninggalkan gaya pemograman lama yang sifatnya prosedural. Untuk pemrograman seperti sekarang ini kita wajib sekali mengenal yang namanya pemrograman berbasis objek atau sering disebut istilah OOP.

Framework, framework adalah kumpulan potongan kode php yang bisa digunakan ulang untuk membuat sebuah program. Admin sedot code sendiri menyebutnya snippet.

Aplikasi GIS ini menggunakan framework php, yaitu framework codeigniter. Ada beberapa fitur yang tersedia dari aplikasi ini, lumayan lengkap ,dan sangat cocok untuk di gunakan ,  untuk sobat yang ingin mengetahui gambarannya demonya seperti dibawah ini .

Source Code Aplikasi GIS Dengan PHP


Source Code Aplikasi GIS Dengan PHP

Source Code Aplikasi GIS Dengan PHP

Instalasi Aplikasi GIS

Jika sahabat sudah terbiasa dengan framework codeigniter tenu sangat mudah memahaminya, Namun kami akan membuat tutorial cara install aplikasi gis codeigniter ini untuk teman yang belum terbiasa dengan codeigniter.

  1. Setelah mendownload source code silahkan di ekstrak terlebih dahulu.
  2. Sesuaikan base_url (nama folder dihtdoc [xampp]) lihat gambar 1
  3. Silahkan import database dan sesuaikan (lihat gambar 2 dibawah)

Install Aplikasi GIS Dengan PHP
Gambar 1. Setting Base URL
Source Code Aplikasi GIS Dengan PHP
Gambar 2. Setting Database

Sekarang kita sudah selesai memasang aplikasi gis di localhost. Untuk mengaksesnya kita bisa buka browser favorit masing-masing, ketik alamat url : localhost/namafolder seperti localhost/SIG

Note:
  1. Untuk login kehalaman admin silahkan akses localhost/SIG/adminweb
  2. User dan password adalah admin

Sekian dan terima kasih, sumber mula dari lapakcode.net. Silahkan dibagikan ulang dengan bahasa sendiri agar teman teman yang lainnya bisa ikutan belajar pemrograman website.

Baca juga:

Kekurangan aplikasi ini adalah tidak menggunakan model untuk mengerjakan query kedatabase. Apa yang harus dikerjakan di model masih di kerjakan oleh controller. Tapi untuk pemula tidak masalah dan aplikasi ini sifatnya masih sederhana.

Download Source code disini
Load disqus comments

0 komentar