Source Code aplikasi rental berbasis web

Source code script aplikasi rental mobil berbasis web, rental mobil adalah salah satu layanan pinjam barang(rental), bukan hanya mobil, sepeda motor, PS juga bisa di rental.
Source Code aplikasi rental berbasis web
Source Code aplikasi rental berbasis web

Jika anda salah satu pengguna dari rental, mungkin anda tidak akan pusing bagaimana proses yang ada didalamnya, tapi bagaimana dengan pemilik rental, mungkin ada proses yang berbelit didalamnya, mungkin juga ada proses yang dilakukan secara manual.

Baca juga source code web untuk jual beli mobil di showroom

Di era yang serbah modern ini kita sudah banyak mendapatkan kemudahan yang dapat meningkatkan produktivitas, memang ada sebagian yang masih menggunakan cara manual, tapi cara ini menurut saya kurang efektif.

Bagi anda yang mempunyai rental mobil atau anda seorang programmer web yang lagi membutuhkan panduan membuat website aplikasi rental mobil, anda berada pada halaman yang tepat, karena saya ingin berbagi aplikasi dari mas nurisakbar.

ARTIKEL SEBELUMNYA: Gratis absensi kehadiran siswa berbasis web dengan php 

Aplikasi dari mas nurisakbar (ceo belajarphp.net) adalah sebuah aplikasi dalam tahap pengembangan yang membahas bagaimana agar sistem rental mobil bisa di lakukan dengan sebuah program yang berbasis website dan bisa di buat dengan sistem online. Aplikasi rental ini sudah sangat bagus, hanya saja pada saat posting ini belum ada backend(halaman admin)/ belum ada tabel user, jadi belum bis login kehalaman admin.

Jika anda penasaran ingin melihat tampilan website aplikasi rental silahkan simak gambar berikut ini:

Source Code aplikasi rental berbasis web
Tampilan Awal( Antar muka)
Tampilan antar muka ini menggunakan css bootstrap, menggunakan template sb-admin V2, tampilan template admin sb-admin ini memang banyak di gunakan web develop untuk membuat halaman admin, karena tampilannya cukup elegan, resvonsive(menyesuaikan lebar device, komp, laptop, atau mobile).

Source Code aplikasi rental berbasis web
Daftar Kendaraan
Anda juga bisa menambah daftar kendaraan yang beroperasi, data yang disimpan di antaranya nomor kendaraan, tarif perhari, dan tarif overtime.

Aplikasi rental mobil ini di buat menggunakan framework codeigniter ( harvia code generator) dan database mysql, juga menggunakan DataTables Advanced Tables yang mempermudah kita dalam membuat tabel dan menampilkannya, dengan datatables desain tabel sangat banyak pilihan. dengan plugin ini kita dengan mudah membuat sortir/mengurutkan data dari 0-9 sebaliknya, dari A-Z sebaliknya. 

Ada 5 menu penting dalam aplikasi ini, diantaranya

  • data kendaraan
  • data sopir
  • data tarif
  • data pelanggan
  • data transaksi
Untuk pengguna hanya bisa melihat detail, hanya admin yang bisa menambah dan mengubah data. Jika berminat silahkan sobat ambil aplikasi ini dropbox, filetype zip/rar, sobat bisa juga mendownload Source Code aplikasi rental berbasis web ini melalui link github.

Cara install

  • Import database
  • Copy-paste aplikasi kedalam htdoc(XAMPP)
  • Buka browser favorit, ketik localhost/namafolder
  • selesai
FAQ:

Q: Tampilan berantakan?
A: Itu karena komponen CSS tidak terload, silahkan buka file config.php didalam folder aplication/config/... Cari $config['base_url'] = 'http://localhost/rental/'; Silahkan sesuaikan dengan alamat url sobat.

Q: Error, tidak konek database.
A: Silahakan perbaiki configurasi database anda pada file aplication/config/database.php, sesuaikan dengan nama database sobat.

Demikian, semoga sobat tidak mendapati kendala yang sulit dalam belajar php, untuk pemula silahkan baca ebook pdf pemrograman web(silahkan cari pada kotak pencarian blog ini), atau sobat mau melihat tutorial video bisa menuju ke youtube redokusuma tutorial php untuk pemula

Load disqus comments

2 komentar