Source Code Web PHP Aplikasi SMS Gateway Gratis!

Source Code PHP Aplikasi SMS Gateway Gratis, aplikasi berbasis website ini dibuat dengan gammu, aplikasi gammu yang dibuat oleh andez.net ini di beri nama SAGA (Aplikasi SMS Andeznet Gateway).
Source Code Web PHP Aplikasi SMS Gateway Gratis!


SAGA ini merupakan update terbaru dari yang sebelumnya, ada banyak bug yang di perbaiki pada versi ini. Sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu apa yang di maksud sms gateway.
Source Code Web PHP Aplikasi SMS Gateway Gratis!


SMS Gateway

SMS Gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk EUA menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dll) melalui SMS Gateway’s shortcode (sbg contoh 9221). Di bawah ini disertakan sedikit ilustrasi mengenai penjelasan di atas.

SMS Gateway membolehkan UEA untuk berkomunikasi dengan Telco SMSC (telkomsel, indosat, dll) atau SMS platform untuk menghantar dan menerima pesan SMS dengan sangat mudah, Karena SMS Gateway akan melakukan semua proses dan koneksi dengan Telco. SMS Gateway juga menyediakan UEA dengan interface yang mudah dan standar.

Source sebelumnya, aplikasi inventory dengan php

Kebutuhan SMS Gateway


Kebutuhan Perangkat Keras

Yang mutlak dibutuhkan adalah sebuah komputer, sebuah ponsel / modem
kabel data (Kabel berantarmuka serial yang dapat menghubungi ponsel dengan PC) atau dapat munggunakan InfraRed dan piranti lunak sebagai SMS Gateway.

Untuk menggunakan InfraRed anda membutuhkan sebuah ponsel yang juga memiliki fasilitas tsb, tapi tidak dianjurkan untuk kebutuhan SMS gateway karena komunikasi dengan InfraRed tidak terlalu baik (jika tergeser gampang putus).

Kebutuhan Software

  • Sistem Operasi( Linux/windows)
  • Database Server
  • Pemrograman , disini tentunya menggunakan php


Kebutuhan Untuk Instal SAGA 2 

  • Gammu-1.33.0
  • Windows 7
  • XAMPP 1.8.3
  • PHP 5.5.19 
Update dan perbaikan bug:

  • Perbaikan pada Tulis Pesan
FIX semua browser insya allah bisa dan pada tulis pesan ini bisa mengirim lebih dari 160 karakter, tergantung dari operatornya juga suport / tidak untuk pengiriman lebih dari 160 karakter.

  • AutoSchedule / Pesan Terjadwal
Pesan terjadwal dan otomatis mengirim di waktu yang telah di tentukan

  • Statistiks SMS Masuk berdasarkan tahun berjalan
Sms masuk berdasarkan Tahun yang sedang berjalan, apabila sekarang Tahun 2016 maka akan tampil statistik sms masuk berdasarkan tahun 2016.

Permasalahan Gammu yang sering terjadi 

*SMS Tidak Mau Terkirim
  • Service Gammu belum dijalankan, 
  • Pastikan service Gammu sudah dijalankan terlebih dahulu sebelum Anda mengirim dan menerima SMS dengan Gammu
  • Pulsa habis atau masuk masa tenggang, Pastikan pulsa masih ada dan cukup untuk mengirim SMS. Biasanya indikasi pulsa habis atau kartu memasuki masa tenggang ini dijumpai ketika terima SMS via gammu bisa, namun kirim SMS tidak bisa (muncul status SendingError di tabel SENTITEMS)
  • Perubahan nomor port modem/handphone, Misalkan di awal instalasi Anda menggunakan port com tertentu dan waktu itu bisa untuk kirim dan terima SMS dengan gammu, namun kemudian di lain waktu Anda memindahkan portnya (colokan usb di lain port) atau berbeda dengan port ketika awal instalasi. Hal ini juga tidak dibolehkan. Ketika Anda memindah port, pastikan Anda juga mengubah settingan port di SMSDRC dan GAMMURC nya. Sebelum mengubah setting konfigurasi di SMSDRC dan GAMMURC, matikan dahulu service gammunya, hapus service Gammu yang Anda telah buat sebelumnya, kemudian edit GAMMURC dan SMSDRC, dilanjutkan membuat service lagi yang baru. Indikasi permasalahan pengiriman SMS yang disebabkan karena perubahan port ini bisa dilihat ketika sebelumnya pengiriman dan penerimaan SMS sukses, namun tiba-tiba baik pengiriman dan penerimaan SMS sama sekali tidak bisa. Selain itu, indikasi ini juga bisa dilihat dari tidak munculnya status pengiriman SMS di tabel SENTITEMS atau SMS yang dikirim masih tetap berada di tabel OUTBOX dan tidak berpindah ke tabel SENTITEMS meskipun service sudah dijalankan.
  • Modem/handphone tidak support Gammu, Ada kalanya penyebab tidak bisa mengirim SMS disebabkan karena memang modem/hp tidak disupport oleh gammu. Indikasinya bisa dilihat ketika langkah instalasi gammu sudah benar, namun sama sekali tidak bisa kirim dan terima SMS, meskipun sudah berganti-ganti versi Gammu nya sampai dengan Gammu rilis terakhir
  • Sinyal modem tidak ada atau lemah, Indikasi dari masalah pengiriman yang disebabkan karena sinyal yang lemah atau tidak ada, bisa dilihat dari lampu indikator modem. Misal untuk modem Wavecom, indikasi modem tidak dapat sinyal adalah lampu tidak berkedip atau tidak blinking atau blinking tidak teratur interval waktunya. Selain itu, bisa dilihat juga tatkala terkadang SMS bisa terkirim dengan sukses, kadang gagal    
Untuk anda yang ingin mendownload aplikasi ini mungkin membutuhkan user dan password untuk login, silahkan coba user berikut ini.

User : andez
Pass : andez

Download aplikasi,
untuk anda yang ingin berdonasi kepada developernya bisa melalui 082213148092/085718526769.

Link terkait:


Untuk mendownloadnya bisa menuju ke link berikut sob.
saga2.zip via dropbox 14Mb
saga 2.zip via Google Drive
saga 2.zip via ziphyshare
Load disqus comments

0 komentar