Source Code Aplikasi Chat Menggunakan JQuery & Codeigniter

Sedot code - Source Code Aplikasi Chat Menggunakan JQuery & Codeigniter, lagi scrol down facebook saya bertemu dengan file aplikasi chat yang lumayan bagus, namun apikasi ini belum realtime karena masih menggunakan Jquery.

Kata para mastah kalau mau yang realtime itu pake WS(Web socket). Saya sendiri gag paham apa itu web socket. mending kita sama-sama baca dulu. kalau mau, langsung ambil sourcenya sob, via dropbox | GDrive
Source Code Aplikasi Chat Menggunakan JQuery & Codeigniter
Jurnal Web

Pengertian Websocket


WebSocket adalah standar baru untuk komunikasi realtime pada Web dan aplikasi mobile. WebSocket dirancang untuk diterapkan di browser web dan server web, tetapi dapat digunakan oleh aplikasi client atau server. WebSocket adalah protokol yang menyediakan saluran komunikasi full-duplex melalui koneksi TCP tunggal.

WebSocket adalah protokol yang menyediakan saluran komunikasi full-duplex melalui koneksi TCP tunggal. Protokol WebSocket sudah di standarisasi oleh IETF sebagai RFC 6455 pada tahun 2011, dan API WebSocket di Web IDL sedang distandarisasi oleh W3C.

Manfaat WebSocket


  • Websocket memungkinkan server untuk mendorong data kepada klien yang terhubung.
  • Mengurangi traffic atau lalu lintas jaringan yang tidak perlu dan latency menggunakan full duplex melalui koneksi tunggal (bukan dua).
  • Streaming melalui proxy dan firewall, mendukung komunikasi simultan hulu dan hilir. 
  • Kompatibel dengan pre-WebSocket dunia dengan cara beralih dari koneksi HTTP ke WebSockets. 

Aplikasi Yang Harus Menggunakan WebSocket



  • Aplikasi dengan banyak pengguna atau Multi-User Apps
  • Aplikasi langsung atau Realtime Apps
  • Aplikasi dimana data live sangat dibutuhkan, seperti pasar saham, atau kurs.

WebSocket Client


  • Di website, WebSocket didukung oleh browser seperti Google Chrome, Firefox, Opera
  • Pada ponsel, WebSocket support di iOS dan Android
  • WebSocket client menggunakan Javascript untuk meminta atau merequest ke server WebSocket, sebagai percobaan bisa ikuti tutorial di website w3schools atau tutorialspoint

Sumber:https://en.wikipedia.org/wiki/WebSocket

WebSocket Server

Pada server, WebSocket sudah support di Ruby, Java, Objective-C, PHP, .NET, Node.js, ActionScript dan banyak bahasa lainnya, bisa dicoba pada website-website berikut ini Ruby, Java, Objective-C(iOS), PHP, .NET, node.js

Biasanya aplikasi chating itu harus realtime, kalau tidak realtime mungkin namanya bukan chat tapi esem-es(SMS), Kata mastah kalau ingin buat aplikasi chat enaknya menggunakan Ratchet Ws, kalau nyubi tidak paham coba otak atik situsnya, http://socketo.me/.

Kalau sobat ingin aplikasi chat yang realtime simple bisa melihat di halaman ini, aplikasi chat websocket. Masih tertarik dengan aplikasi ini, silahkan lihat tampilannya dibawah ini:
Source Code Aplikasi Chat Menggunakan JQuery & Codeigniter
Credit http://www.andirohandi.com/

Keterangan aplikasi

  1. Aplikasi menggunakan codeigniter dan jquery
  2. Belum realtime ( tidak menggunakan websocket).
  3. Pesan chat disimpan didalam database, bukan dalam folder/file.
Jika berminat silahkan di oprek kembali. Terima kasih sudah d0wnl0ad database  | GDrive Source Code Aplikasi Chat Menggunakan JQuery & Codeigniter , 

Load disqus comments

5 komentar