Source code aplikasi sistem pakar penyakit sapi berbasis website php

Sedot code - Source code aplikasi sistem pakar penyakit sapi berbasis website php metode Forward Chaining , sistem pakar ini untuk penyakit sapi, tentunya bisa di ubah ke sistem pakar lainnya, misalnya saja sistem pakar penyakit ayam.
Source code aplikasi sistem pakar penyakit sapi berbasis website php
Sapi Via www.jitunews.com

Source code aplikasi sistem pakar penyakit sapi berbasis website php
Sistem Pakar 

Didalam pembelajaran kampus, sistem pakar dibahas pada mata kulyah pemrograman lanjut, atau seperti kecerdasan buatan ,  keren bener kecerdasan buatan, ya memang aplikasi sistem pakar ini bertujuan agar bisa mewakili manusia dalam meyelesaikan sesuatu masalah.

Kalau masalahnya belum kelar, coba saja goyang dumang. Ayo goyang dumang, semua masalah jadi hilaang... kwkwkwkwkk ckckckckc Slow sobat.

Untuk lebih jelasnya, Sistem pakar adalah suatu program komputer yang mengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an.

Dwonload aplikasinya bisa melalui dropbox atau google drive, Aplikasi ini menggunakan metode hashing password,menggunakan fungsi password_hash() dan password_verify(). Fungsi ini sendiri lebih disarankan dari pada menggunakan fungsi md5, karena akan menghasilkan hash yang dinamis, sehingga password akan sangat sulit untuk ditebak. Info lebih lanjut tentang penggunaan password_hash dan password verify bisa dilihat di manual PHP.

Metode Pengambilan Keputusan

Aplikasi sistem pakar penyakit sapi ini menggunakan metode pengambilan keputusan Backward Chaining. Backward Chaining ini akan menanyakan pertanyaan satu persatu kepada user, kemudian akan menghasilkan goal atau tujuan.

Alur kerja:

Mempunyai tiga level penggunaan yaitu user biasa, admin dan pakar. User biasa adalah pengguna yang akan melakukan konsultasi penyakitnya. Admin adalah pengguna yang memonitor aplikasi, seperti siapa saja pakarnya dan bagaimana pengetahuan yang ada pada aplikasi secara keseluruhan, dan pakar merupakan pengguna yang dapat menambah, mengubah atau menghapus penyakit, gejala dan relasi keduanya.

Teknologi yang digunakan:

  • PHP sebagai bahasa pemrograman servernya dan menggunakan framework CodeIgniter versi 3.x.
  • MySQL versi 5.x
  • Bootstrap versi 3.x dan JQuery 1.x
  • DataTables
  • JQuery Sortable

Cara Penggunaan aplikasi:

Sebelum dapat menjalankan aplikasi ini, anda harus terlebih dahulu mengimport file databasenya. File databasenya bernama file db.sql. lihat cara import dataabase

Konfigurasi Database & Cara Import database pada PHPMyAdmin :
  • Buat database baru dengan nama “sistem_pakar”
  • Kemudian klik nama database, dan selanjutnya klik tombil import.
  • Pilih file db.sql pada folder yang telah tadi di download
  • Kemudian Klik tombol upload
Buka di browser : http://localhost/sistem_pakar.
Selesai.

Cara login,

Untuk login sobat bisa menggunakan username dan password berikut
user : admin
pass : dedegunawan

Sumber: http://aku-belajar.com/download-aplikasi-sistem-pakar-penyakit-sapi/ 
Load disqus comments

0 komentar