Membuat Aplikasi Web dengan PHP Mysql BASIC

Sedot Code,Source Code PHP, Kumpulan source code php gratis. Halo sahabat-sahabatku, kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara membuat web dengan php dan database mysql. Di era sekarang sangat tren dengan website, mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya.

Jika anda bertanya demikian maka saya yakin anda adalah orang yang mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi, sehingga mendorong anda sampai di tulisan saya yang membahas tentang bagaimana cara membuat web dengan php.

Baca juga : 8 buku yang cocok untuk pemula belajar php 

Saya harap anda dan sahabat-sahabat yang lainnya sudah memahami sedikitnya tentang tag html, jika tidak sama sekali maka proses berikutnya akan sulit untuk di jelaskan.

Membangun aplikasi web dengan php itu tidak begitu sulit jika anda sudah memahami HTML, minimal sudah paham apa-apa saja tag html. Jika belum sama sekali paham, maka anda tidak usah khawatir, karena tidak semua tag harus anda hapal dengan cepat, minimal yang umum, seperti halnya tag untuk membuat link. Tag-tag Html yang lain akan anda hapal dengan sendirinya.(Jika terus belajar). Berikut adalah contoh tag untuk membuat link.
<a href="http://www.w3schools.com">Visit W3Schools.com!</a>
Untuk Membuat Aplikasi Web dengan PHP Mysql anda juga harus paham dengan Css walaupun hanya sedikit seperti saya, biasanya saya hanya menggunakan template gratisan dari internet. :)

Dari mana memulai membuat aplikasi dengan php?

Ini yang membuat saya bingung ketika pertama kali belajar php, apa yang harus di lakukan, untuk membuat dan belajar php saya harus apa, apa saja yang di butuhkan. Baiklah saya akan mencoba membahas apa saja yang di perlukan untuk membuat web dengan php.


  • Komputer atau laptop

Jika kebutuhan pertama tidak ada maka tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya, Jelas sekali!

  • Jaringan/internet

Jaringan atau internet sangat di perlukan juga, makanya anda bisa mampir ke artikel saya yang ini, tanpa internet anda tidak akan pernah sampai kesini kan. Jika tidak ada internet maka anda akan terbentur saat menemui masalah, dengan internet anda bisa bertanya ke forum php ataupun facebook chat.

Aplikasi yang di perlukan membuat web dengan php.

Sekarang saatnya kita memulai pemanasan, berikut saya rangkum aplikasi apa saja yang wajib ada saat belajar membuat web dengan php.

Web Browser

Web browser/internet browser, apa itu web browser? mungkin saja anda tidak tahu apa itu web browser, masuk akal sekali jika anda masih pemula, dan wajar. Saya tidak akan menjelaskan secara rinci apa itu web browser, namun saya akan memberikan contoh beberapa web browser.
  • Google Chrome (rekomended saya), buatan gugel.
  • Mozilla Firefox, dibuat oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine.
Masih banyak web browser, namun statistik 2012 lebih banyak menggunakan chrome.
Web browser/internet browser
https://en.wikipedia.org/wiki/Web_browser_engine

Web Server dan Database

Web Server-Php hanya bisa di jalankan di web server! Database juga di perlukan, karena nantinya kita akan membuat pengoperasian database melalui php. Contoh database adalah Microsoft Acces, mysql dan masih banyak lainnya. Disini kita akan belajar membuat website dengan php menggunakan database mysql. Jika anda mendownload satu persatu maka akan sangat kewalahan untuk pengaturannya. Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada program untuk menjalankan php di localhost, Salah satu aplikasi yang memuat server dan database yang paling saya gemari adalah XAMPP. Silahkan anda download, dan install di komputer anda, cara install cukup mudah, tinggal anda ikuti petunjuknya saja. (Jari sudah mulai kriting ngetiknya).

Tool untuk menulis code php / text editor

Tool untuk menulis code php / text editor-Ini juga sangat penting, text editor untuk windows sebenarnya sudah ada yaitu notepad. Namun untuk membuat code php, maka notepad bawaan windows ini akan membuat anda mual-mual dan sakit kepala. Tidak percaya? Silahkan coba selama beberapa jam.

Berikut ini contoh text editor untuk menulis code php.
  1. Dream Weaver
  2. Notepad++
  3. Sublime text (Saya suka yang ini)
  4. dan masih banyak lainnya. text editor terbaik 2014
Text editor mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya cenderung menggunakan sublime text atau notepad++, mengapa? Karena dengan tool ini anda akan terbiasa melihat dan menulis code php. Jika anda sebelumnya sudah terbiasa dengan yang autocomplete mungkin dream weaver akan anda pilih, auto complete itu seperti ini gan. Saat anda mengetikkan kata di pencarian google maka akan muncul kata-kata yang mirip dengan yang anda ketikkan. Kelebihan yang jelas dengan dreamweaver adalah cara membuat tabel dengan php sangat mudah, kita hanya memasukkan jumlah kolom dan row saja layaknya Microsoft Office World.
 text editor untuk menulis code php
http://www.sitepoint.com/best-php-ide-2014-survey-results/

Dari uraian di atas dapat atas dapat saya simpulkan,Yang diperlukan dalam membuat webite dengan php adalah komputer atau laptop, web browser,web server,dan text editor.
Lanjut gan...
Jika sudah mulai pusing, silahkan istirahat sejenak, jangan lupa minum air putih minimal satu gelas agar tidak gagal fokus. :)

Membuat Hello World dengan php.

Sudah sering dengar atau baca kata-kata hello word? mengapa hello word? dikutip dari wikipedia.
Hello world (Halo dunia) adalah nama jenis program komputer yang diambil pertama kalinya pada kursus pemrograman.
Program ini sangat sederhana dengan menunjukkan teks "Halo dunia" di layar. Contoh awal ini dipakai untuk menulis program-program yang lebih canggih.
Hello world! pertama kalinya dipakai oleh para pemrogram bahasa C untuk menunjukkan kemampuan bahasa ini.
Sudah paham gan? Begini menurut saya, hello word ini adalah untuk membuktikan bahwa program itu sudah berjalan. Itu saja. :) Sok tau.

Kembali ke topik permasalahan, bagaimana cara membuat hello word dengan php, Sebelumnya saya ingin bertanya, apakah aplikasi XAMPP dan Text Editor tadi sudah di install? Iya sudah. Baiklah kita lanjut.

1. Buka aplikasi XAMPP, pastikan apache dan mysql (keduanya) sudah berjalan/aktif.
aplikasi XAMPP
aplikasi XAMPP

Saya pernah menemui error pada port 80 di xampp, biasanya port 80 di pakai aplikasi lain, salah satu aplikasi yang menggunakan port 80 adalah skype. Semoga anda tidak mengalaminya. Sehingga kita bisa lanjut ke materi selanjutnya.

2. Klik tombol Admin (lihat gambar nomor satu). Atau anda bisa juga langsung buka web browser(Chrome/mozila) ketik localhost kemudian enter. Keduanya sama saja.

Kesimpulan Sementara:
Tutorial nomor satu dan dua di atas hanya untuk memastikan apakah keperluan anda sudah berjalan semua.
 3. Buatlah sebuah folder di dalam folder htdoc anda, lokasi htdoc mungkin saja berbeda, ini tergantung dengan pengaturan awal anda saat menginstall aplikasi Xampp pertama kali. Biasanya seperti gambar berikut ini.
Lokasi Folder Htdoc
Lokasi Folder Htdoc 
Pada gambar di atas dapat anda lihat beberapa folder yang pernah saya buat untuk keperluan belajar.

4. Buatlah sebuah folder, jika ingin ikuti tutorial ini silahkan buat dengan nama belajarphp.
5. Buatlah sebuah file dengan nama index.php, Mengapa index.php? pertanyaan bagus. Untuk menjawabnya saya serahkan kepada anda sendiri, silahkan uji coba ganti nama index.php dengan nama lain, dan ketik di url localhost/belajarphp. Anda akan mengerti akan perbedaan keduanya. Anda akan berfikiran, Ohhh jadi didalam pemrograman PHP pasti ada yang namanya index.php. Yupss, saya tidak berani bilang 100% iya. Masih ada yang perlu saya dalami untuk memberikan jawaban iya, yaitu Htacces.


Index php folder htdoc
Saya membuat tutorial di atas menggunakan sublime text, Caranya pilih file => new file, kemudian save dan pilih tempat menyimpannya di dalam folder belajarphp. beri nama index.php
Silahkan tulis / ketik kata berikut ini:

<?php
echo "Hello Word";
?>

Sekarang, buka lagi browser lalu ketikkan localhost/belajarphp, pasti akan keluar tulisan hello Word.

Ada pertanyaan? Iya ada, pada gambar aplikasi XAMPP di atas kita mengaktifkan mysql juga, gunanya untuk apa?

Jadi pada gambar di atas yang perlu di jalankan adalah Apache, namun jika anda sudah memulai mengoperasikan database, maka anda juga perlu mengaktifkan mysql. Silahkan download contoh yang sudah menggunakan database 

Baca juga : Contoh aplikasi web sekolah sederhana dengan php

Disclaimer:
Tutorial di atas hanyalah tutorial dasar untuk memulai membuat aplikasi web dengan php. Anda harus belajar dengan sabar dan bertahap. Jika sudah ada source code yang bisa di bagikan kepada teman-teman yang lain, silahkan anda kirim melalui form Kirim Source code

Tag: membuat aplikasi web dengan php database mysql,contoh aplikasi web dengan php,cara membuat aplikasi dengan php,membangun aplikasi web dengan php dan mysql,cara membuat aplikasi web.
Load disqus comments

0 komentar