2 Sistem Informasi Alumni Berbasis Web PHP dan MySql

Website Alumni Dengan PHP, 2  Sistem Informasi Alumni Berbasis Web PHP dan MySql, Bagi teman teman yang membutuhkan source code script web alumni mungkin 2 buah source ini bisa membantu.

Semakin tua usia sebuah sekolah tentu semakin banyak lulusan setiap tahunnya, pihak sekolahpun akan sangat sulit menyimpan data alumni jika tidak secara komputrisasi.

Baca Juga:
Sisfo Akademik dengan php
Web sekolah sederhana, pemula wajib punya

Menggunakan aplikasi seperti excel tentu sangat bagus, namun kita tidak bisa terhubung dengan teman seangkatan lainnya.

Sosial media seperti facebook tentu juga bisa dimanfaatkan untuk mendata alumni sekolah, tentu saja berupa grub. Kekurangan dari sosial media ini adalah kita susah mengelompokkan nama, kelas dan angkatan.

2  Sistem Informasi Alumni Berbasis Web PHP dan MySql

Sisfo alumni tentu tidak merepotkan pihak sekolah, karena alumni bisa melakukan pendaftaran sendiri, sebagi pengembang atau developer kita harus memberi mereka hak akses agar bisa melakukan create, edit dan update didalam database.

Source code yang akan dibagikan pada kesempatan ini ada dua source, tentu source ini akan memiliki kekurangan. Ini adalah tugas anda untuk menyelesaikan dan mengembangkannya. Untuk anda yang sedang mencari judul skripsi, atau hanya belajar-belajar oprek program php mungkin aplikasi ini bisa menjadi referensi untuk belajar.

1. Alumni DB System

Source aplikasi yang pertama ini disebut juga dengan istilah Alumni DB sistem. Aplikasi ini menggunakan desain css tampilan yang sangat cantik dan elegan, design yang digunakan adalah desain dengan bootstrap. Ada yang belum tahu apa itu bootstrap? lanjut googling saja y :)
2  Sistem Informasi Alumni Berbasis Web PHP dan MySql
Pencarian

2  Sistem Informasi Alumni Berbasis Web PHP dan MySql
Laporan
2  Sistem Informasi Alumni Berbasis Web PHP dan MySql
Halaman Depan
Login

Fitur-fitur
Berikut sedot code jelaskan fitur-fitur yang ada di script yang pertama yang mungkin anda butuhkan.
  • Desain css bootstrap
  • A simple database class [PDO]
  • PHP Excel [Untuk Laporan]
  • A logger class which creates logs when an exception is thrown [Rekam Aktivitas]
  • Chart Js [Grafik]
  • Report 
Laporan dalam aplikasi ini bisa berdasarkan perangkatan, Per Provinsi, atau keseluruhan dan bisa didownload dalam bentuk excel.

Adapun kekurangan dari aplikasi php kali ini adalah belum adanya fitur user baru untuk melakukan pendaftaran, jadi masih tergantung dengan administrator untuk melakukan menambah anggota, edit, ubah data. Mungkin aplikasi yang pertama ini cocok dengan sebutan mesin pencari alumni. Namanya juga source code gratis, tentu harus dikembangkan lagi.


Cara Install Alumni DB System
Mungkin saja ada yang belum bisa menginstall source ini, kita akan install didalam localhost saja. Pastikan anda sudah familiar dengan xampp,wampp, dsb. Jika tidak mungkin tidak bisa memahami artikel ini.
  1. Esktrak zip
  2. Buat database 'aluni_v2'
  3. Import database 'aluni_v2'
  4. Copy-paste kedalam folder htdoc(xampp) atau www (wamp)
  5. Buka browser, ketik localhost/namafolderdipastetadi
  6. Selesai
Untuk melakukan semua itu tentu apache dan mysql sudah diaktifkan.
xampp apache mysql
xampp

Password dan username: admin

2. Source code aplikasi alumni berbasis web dengan php mysql

2  Sistem Informasi Alumni Berbasis Web PHP dan MySql
Alumni
Untuk yang nomor dua ini bisa sobat buka pada postingan sebelumnya mengenai website alumni.

Sekian dan terima kasih, jika sobat pembaca menemui link ini bukan dari sedot code, maka dipastikan itu adalah web copas, orang malas nulis dan suka mencuri artikel, untuk soure code php gratis lainnya silahkan kunjungi sedot code yang beralamat di http://sedotcode.blogspot.com
Load disqus comments

0 komentar