Gratis Kumpulan Contoh Aplikasi Perpustakaan Full Berbasis Web

Gratis Contoh Aplikasi Perpustakaan Full Berbasis Web, aplikasi ini berbasis web menggunakan pemrograman php dan database mysql. mungkin tidak ada bedanya dengan aplikasi perpustakaan dengan excel.
Gratis Kumpulan Contoh Aplikasi Perpustakaan Full Berbasis Web

Aplikasi perpustakaan dengan excel tentunya tidak bisa di gunakan secara online seperti halnya website. Sebelumnya sudah ada beberapa contoh aplikasi untuk perpustakaan yang bisa sobatku pelajari, silahkan cari pada menu form pencarian pada blog ini.

Baca juga : Aplikasi gratis perpustakaan dengan codeigniter

Bagaimana cara menggunakan dan membuat aplikasi perpustakaan? Na ini saya bingung cara jawabnya sob, mungkin jika sobat ingin belajar php harus banyak membaca atau melihat tutorial youtube, seperti chanel youtube milik redokusuma. Untuk pemula sangat bagus untuk melihat video video tutorial php dari chanel redokusuma tersebut.

Baca : Aplikasi perpustakaan untuk pemula 

Jika sobat ingin belajar php dengan cara membaca ebook, sedotcode sudah menyediakan ada 8 ebook tutorial tentang bagaimana cara membuat aplikasi website khususnya program php.

Coba gunakan form pencarian pada blog ini untuk mencari beberapa source code php
Kembali ke topik, kita akan reshare sebuah aplikasi untuk perpustakaan, ada beberapa yang masih sederhana, namun ada juga yang full dan siap pakai. nur akhwan  adalah salah satu blogger yang aktif dengan source code untuk pemrograman, saya juga banyak belajar php dari blog mas nurakhwan ini. Aplikasi perpustakaan ini hanya menggunakan php mysql, belum menggunakan barcode yang bisa men-scan barcode seperti halnya dikasir.

Biasanya fitur fitur aplikasi perpustakaan seperti berikut ini:
Aplikasi ini dibangun untuk memudahkan manajemen data perpustakaan. Beberapa fasilitas dalam aplikasi ini, antara lain :

1. Manajemen Data Anggota : Tambah, Edit, Hapus
2. Manajemen Data Buku : Tambah, Edit, Hapus
3. Manajemen Data Pengunjung Perpustakaan : Lihat Perbulan, Lihat Pengunjung perkelas
4. Manajemen Peminjaman Buku
5. Manajemen Pengembalian Buku
6. Backup Database

Untuk sobatku yang penasaran dengan script perpus ini bisa lihat beberapa gambar dibawah ini:
Gratis Kumpulan Contoh Aplikasi Perpustakaan Full Berbasis Web
  • Aplikasi sederhana perpustakaan 

Aplikasi perpustakaan di atas dari blognya kang-cahya, bentuknya sederhana, saya yakin untuk pemula bisa mengoprek opreknya,  fiturnya belum full, namun didalamnya sudah ada fitur crud(create read update delete) data dari mysql. berminat, silahkan download disini. | Gdrive
  • Aplikasi sangat sederhana perpustakaan untuk pemula

Ini merupakan aplikasi sederhana dan sangat sederhana dari blognya richerregen, fiturnya masih seputaran CRUD database. berkenaan untuk mencoba silahkan kesini.
Gratis Kumpulan Contoh Aplikasi Perpustakaan Full Berbasis Web
Memang sederhana sob, sepertinya aplikasi ini di desain dengan aplikasi dreamweaver, saya biasanya suka dengan desain css framework seperti bootstrap. Tapi untuk pemula, ini lebih dari cukup untuk belajar.

Kedua aplikasi belum di test oleh saya, silahkan coba sendiri ya :D


Cara memasang aplikasi perpustakaan

Sebenarnya sama saja bagaimana cara memasang aplikasi php, disini saya contohkan bagaimana cara mengistall aplikasi php dari localhost menggunakan aplikasi XAMPP. Simak caranya seperti berikut ini:

Pastikan server dan mysql sudah aktif, simak pada link nomor 1.
  1. Import Database mysql
  2. Ekstrak aplikasi jika masih dalam bentuk compress .zip/.rar.
  3. Copy- paste kedalam folder htdoc
  4. Buka browser, mozila atau chrome dll, kemudian ketik localhost/namafolderdipastetadi
namafolderdipastetadi adalah nama aplikasi hasil ekstrak tadi, misal nama foldernya perpustakaan, maka ketik localhost/perpustakaan. ENTER

Sumber kami:
http://richerregen.blogspot.co.id/2013/10/aplikasi-perpustakaan-berbasis-web-dan.html
http://www.kang-cahya.com/2014/06/contoh-website-aplikasi-perpustakaan-online-sederhana.html
Load disqus comments

1 komentar: